Pengantar Sistem Informasi Berbasis Komputer

Belang Telon | Pengantar Sistem Informasi Berbasis Komputer
Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersediabagi manager. Informasi ini dapat dikelola seperti sumber daya yang lain.
Pada awalnya aplikasi komputer hanyalah pengolahan data akutansi (MAS - Management Accounting System). Sesuai dengan meningkatnya kompleksitas bisnis dan kemampuan komputer untuk menyediakan informasi aplikasi komputer ini meningkat menjadi Sistem Informasi Managemen (MIS - Management Information System), Sistem Penunjang Keputusan (DSS - Decision Support System), Otomalisasi Perkantoran (OA - Office Automation), dan Sistem Pakar ( ES - Expert System). Kesemua ini membentuk sistem informasi berbasis komputer (CBIS - Computer Based Information System).

Managemen Informasi
Pada skala kecil suatu bagan dapat mengelola bagiannya dengan melihat secara langsung aktivitas yang menjadi wewenangnya. Namun dengan berkembangnya skala bisnis seseorang manager tidak mampu lagi untuk mengamati secara langsung aktivitas dilingkungan kerjanya sehingga informasi termasuk sumber daya yang sangat penting yang harus dikelola dengan baik.
Secara fisik sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat dibedakan menjadi 2 :
- Sumber daya fisik.
- Sumber daya konseptual. Mempunyai nilai atau arti dari apa yang dimilikinya : informasi.

No comments:

Post a Comment